-->

7 Kesalahan Yang Karenanya Menjadi Teknologi Canggih Yang Bermanfaat

Siapa sangka dari sekian penggunaan teknologi yang kita manfaatkan untuk beberapa keperluan ketika ini tadinya merupakan sebuah kesalahan dan berawal dari ketidaksengajaan loh gaez. 

 Siapa sangka dari sekian penggunaan teknologi yang kita manfaatkan untuk beberapa keperlu 7 Kesalahan Yang Akhirnya Menjadi Teknologi Canggih Yang Bermanfaat
7 Teknologi Yang Tercipta Dari Sebuah Kesalahan
Dan berikut ini, akan kita ulas beberapa teknologi yang sering kita manfaatkan penggunaannya yang ternyata dahulu kala tercipta dari sebuah kesalahan proses. Yuk, pribadi aja kita simak rangkumannya berikut ini.

1. Rontgen
Teknologi Rontgen yang dipakai dalam dunia medis yakni hasil kesalahan yang tidak disengaja oleh Wilhelm Roentgen. Bermula pada tahun 1895 ketika percobaannya pada beberapa blok kardus neon memakai sinar katoda yang bisa menciptakan seluruh ruangan menyala.

Meski antara blok tebal kardus tersebut mempunyai lapisan yang cukup tebal, namun sinar katoda tersebut ternyata bisa menembus bahan-bahan yang cukup tebal, tak terkecuali dengan kulit insan yang sekarang penggunaannya dalam dunia medis disebut dengan rontgen.

2. Ban Karet
Adalah penemu benua Amerika, Christopher Columbus, yang pertama kali memperkenalkan bola karet dari Hindia Barat ke benua biru Eropa. 300 tahun lalu Charles Goodyear berusaha keras untuk menjadikannya suatu yang berkhasiat untuk dimanfaatkan. Hingga pada 1839, ketika Ia membersihkan kedua tangannya dari lumuran bubuk, yang terdiri atas gabungan karet dan belerang, debu tersebut jatuh dan masuk ke dalam sebuah tungku perapian.

Ketika karet meleleh, ternyata bereaksi dengan materi belerangnya. Dari ketidaksengajaan inilah pertama kali karet vulkanisir atau ban karet tercipta dan menjadi cikal bakal lahirnya produsen ban kendaraan beroda empat terkemuka di dunia sampai ketika ini GoodYear.

3. Stainless Steel
Penggunaan Stainless Steel
Umumnya bermacam-macam perabotan rumah dan peralatan dapur menyerupai sendok, garpu, gelas dibentuk dengan materi anti karat atau stainless steel. Tapi nih gaez,  ternyata adanya materi baku stainless steel juga tercipta dari sebuah kesalahan.

Yapz, yakni spesialis metalurgi Inggris, Harry Brearly, yang kala itu tengah membuatkan senapan laras panjang tahan karat. Namun proyek tersebut gagal, dan balasannya sekarang stainless steel banyak dimanfaatkan dalam banyak sekali pembuatan alat dapur dan perabotan rumah.

4. Lem Super
Sebagai salah satu peneliti senior di Kodak Laboratories, Harry Coover yang pada kala itu membuatkan lensa plastik sebagai penggalan pengeker senapan, menemukan sebuah perekat sintetis yang terbuat dari cyanoacrylate.

Namun lantaran dianggap tidak baik untuk dipakai pada penggalan pengeker senapan, balasannya ia memutuskan untuk tidak memakai lem super tersebut. Pengembangan dari pembuatan lem tersebut balasannya dijual dengan nama dagang Super Glue beberapa tahun berselang.

5. Microwave
Penggunaan teknologi microwave bermula dari keisengan seorang Percy Spencer yang bermain-main dengan pemancar gelombang mikro, ketika ia mencicipi cokelat batangan miliknya mulai meleleh.

Meski gagal menemukan alat untuk membekukan coklatnya ia malah menemukan alat yang sekarang disebut microwave yang sanggup dipakai untuk memanggang, bahkan untuk banyak sekali urusan dapur lainnya.

6. Sakarin
Pada 1879 oleh seorang peneliti berjulukan Constantine Fahlberg, yang ketika itu ingin memakan sebuah roti namun lupa untuk mencuci kedua tangannya yang sebelumnya telah menyentuh homogen materi kimia. Nah, ternyata materi kimia tersebut malah mengakibatkan roti yang dimakannya terasa menjadi lebih manis.

Hingga balasannya Ia mulai memproduksi materi yang dinamakan sakarin tersebut secara masal sampai memperoleh hak paten. Penggunaan sakarin sebagai suplemen buatan makin meningkat pada kurun waktu 1960 sampai 1970-an lantaran turut dipergunakan oleh pabrik Sweet ’N Low dan bermacam-macam produsen minuman ringan.

7. Dinamit
Teknologi lainnya yang juga sesungguhnya tercipta dari sebuah kesalahan yakni Dinamit. Salah satu peledak yang paling banyak dipakai dalam pertempuran ini, awalnya sebagai penyempurnaan materi berjulukan nitrogliserin yang dikenal dengan ketidak stabilannya.

Adalah Alfred Nobel yang secara tidak sengaja menemukan metode yang mengandung substansi tanpa menghalangi kekuatannya sampai menghasilkan ledakan yang begitu kuat.

Itulah tadi gaez, ulasan 7 Teknologi yang berawal dari kesalahan dan ketidaksengajaan yang ternyata sekarang banyak dimanfaatkan penggunaannya dalam banyak sekali aspek kehidupan.

0 Response to "7 Kesalahan Yang Karenanya Menjadi Teknologi Canggih Yang Bermanfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel