-->

Alami Lonjakan Traffic Data Sampai 150%, Jaringan Tri Di Libur Tahun Gres Tetap Kencang

Traffic Layanan Sms Dan Panggilan Suara Menurun Tajam Di Libur Panjang Pergantian Tahun Ini, Sudahkah Waktunya Layanan Tersebut Dihilangkan?

Terhitung semenjak memasuki masa libur panjang pergantian tahun ini 2018 ini, lonjakan arus kemudian lintas penggunaan data jaringan telekomunikasi seluler provider Tri melonjak sampai hampir 150% bila dibandingkan dengan masa yang sama pada periode sebelumnya. Dimana lonjakan tersebut didominasi sebanyak 60% pelanggan dengan kegiatan sosial media, games, aplikasi video, dan layananan instant massanger. 

Traffic Layanan Sms Dan Panggilan Suara Menurun Tajam Di Libur Panjang Pergantian Tahun In Alami Lonjakan Traffic Data Hingga 150%, Jaringan Tri Di Libur Tahun Baru Tetap Kencang

Chief Technology Officer Tri Indonesia, Desmond Cheung menjelaskan, lonjakan terjadi mulai H-3 di Hari Natal dan Tahun Baru sekaligus sebagai lonjakan tertinggi (di H-3 pada perayaan tersebut), yaitu 9,5% pada Hari Natal dan naik 9,7% di perayaan Tahun Baru dibandingkan kemudian lintas hari biasa.

Mengantisipasi momen ini, Tri telah melaksanakan optimalisasi dan pemantauan intensif jaringan khususnya di daerah-daerah tujuan wisata dan pusat-pusat perayaan pergantian tahun. Sekaligus menempatkan mobile BTS di titik-titik keramaian. Dan terbukti, sepanjang libur pergantian tahun ini, para pelanggan Tri tetap dapat menikmati layanan internet dengan stabil didukung teknologi internet cepat 4G LTe.

Teknologi 4G LTE Tri sendiri ketika ini telah menjangkau 234 kota dan kabupaten, 7.300 pedesaan di Indonesia. Dan kota-kota yang mengalami lonjakan tertinggi pada libur panjang pergantian tahun kali ini yaitu Yogyakarta, Batam, dan Balikpapan.

Bukan Jakarta Ataupun Bandung, Yogyakarta Menjadi Traffic Tertinggi Layanan Data Telkomsel Di Libur Tahun Baru

Telkomsel sukses mengawal dan melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada periode liburan panjang pergantian tahun gres 2018, dengan mencatat rekor trafik layanan Data atau payload Telkomsel meningkat sebesar 42% yaitu mencapai 10,7 petabyte.

Traffic Layanan Data Telkomsel Melonjak 151%
Dan catatan ini jikalau dibandingkan dengan periode libur Tahun gres 2016/2017 lalu, mengalami lonjakan trafik layanan Data sampai 151%. Dengan wilayah yang mengalami kenaikan trafik layanan Data tertinggi yaitu Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta meningkat sebesar 56% dibandingkan hari normal, kemudian diikuti Jawa Barat (51%) dan Sulawesi (50%).

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, tingginya peningkatan trafik layanan Data antara lain dipicu oleh meningkatnya kegiatan pelanggan yang mengunggah foto atau video kegiatan momen sebelum dan sesudah pergantian tahun melalui banyak sekali aplikasi media sosial.

"Selain itu, penggunaan smartphone dan komputer tablet untuk melaksanakan video streaming dan komunikasi melalui aplikasi pesan instan juga meningkat pada periode tersebut,” kata Adita dalam keterangan persnya.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan Data secara umum berasal dari kegiatan di media umum yang mencapai 35%. Pelanggan juga memanfaatkan layanan Data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan bantuan sebesar 31%.

Traffik Layanan Sms Dan Panggilan Suara Turun Drastis
Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan bunyi dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memperlihatkan andil sekitar 8% terhadap penggunaan layanan data.

Hal ini tentunya menjadi PR gres bagi seluruh provider, apakah kemungkinan layanan komunikasi berbasis teks sms dan panggilan bunyi sudah waktunya untuk di tiadakan? Atau kurangnya promo-promo menarik bagi masyarakat, mengingat promo untuk penggunaan paket internet lebih membanjiri untuk di pilih masyarakat setiap waktu debgan bermacam-macam pilihan paket yang menarik.

Baca Juga :

0 Response to "Alami Lonjakan Traffic Data Sampai 150%, Jaringan Tri Di Libur Tahun Gres Tetap Kencang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel